3 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Perlu Diketahui

Pinjaman Online Tanpa Jaminan


3 Jenis Pinjaman Dana Tunai yang Perlu Diketahui

Sebagian besar masyarakat memilih meminjam dana untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang meminjam untuk modal usaha, mengembangkan bisnis hingga kebutuhan darurat. Berikut ini adalah beberapa jenis peminjaman dana yang umum digunakan :

Pinjaman Dana Tunai untuk Usaha

Jenis peminjaman dana untuk usaha ini memang dikhususkan untuk keperluan usaha saja. Jenis ini dinamakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa Anda dapatkan di bank atau penyedia pinjaman berjenis koperasi. Jumlah pinjaman yang diberikan sangat beragam tergantung dari jenis KUR yang dipilih. 

Terdapat dua jenis pinjaman KUR yang bisa menjadi pilihan Anda yaitu KUR Mikro yang ditujukan hanya untuk usaha mikro tanpa memerlukan agunan sehingga dana yang diberikan memiliki maksimum tertentu sekitar 25 juta rupiah. Sedangkan KUR Ritel yang diperuntukkan untuk usaha kecil dan menengah dengan adanya agunan sehingga pinjaman dana bisa mencapai 500 juta rupiah.

Persyaratan mengajukan KUR Mikro maupun KUR Ritel ialah dokumen KTP, NPWP, buku nikah bagi yang sudah berkeluarga, kartu keluarga, rekening koran, Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Surat Keterangan Domisili Usaha (SKDU), proposal usaha bagi yang akan mendirikan usaha dan pas foto berukuran 3×4 cm.

Pinjaman Online Dana Tunai Koperasi

Koperasi seringkali menjadi tujuan masyarakat jika tidak bisa mendapatkan dana peminjaman dari bank. Jika Anda mengajukan peminjaman koperasi, tidak ada agunan yang perlu diperlukan. Syarat utamanya adalah Anda harus terdaftar dulu menjadi anggota koperasi karena hanya anggota sajalah yang bisa mengajukan pinjaman di koperasi. 

Bunga yang diberikan oleh pihak koperasi tergolong lebih rendah dibanding jenis lainnya. Hanya saja, dana yang bisa didapat tidak sebanyak jenis lainnya karena sumber dana koperasi hanya berasal dari iuran anggotanya saja.

Syarat lainnya untuk mengajukan koperasi adalah KTP, NPWP, slip gaji atau surat keterangan penghasilan, kartu keluarga, dan rekening listrik atau PDAM sebagai tanda bukti tempat tinggal. Anda bisa mengajukan peminjaman koperasi secara offline dengan datang langsung atau mengajukannya secara online. 

Pinjaman Dana Tunai Online

Jenis ini memang sedang marak dibicarakan oleh masyarakat karena sangat tinggi peminatnya. Penyebab utama dari banyaknya peminat jenis online ini adalah cara pengajuannya yang sangat mudah dan proses pencairannya yang cepat. 

Jadi ketika Anda sedang butuh dana dadakan, maka jenis online bisa menjadi solusi cepat yang bisa diandalkan. Tapi ketika memilih penyedia peminjaman dana secara online ini, Anda harus waspada karena maraknya penipuan online yang berkedok pinjaman cepat.

Jika ingin mencari penyedia pinjaman online yang aman, Anda harus melihat apakah penyedia tersebut sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau belum. Jika sudah terdaftar di OJK, maka semua proses akan diawasi, mulai dari proses pengajuan, pembayaran hingga penagihan.

Komentar